Selasa, 07 Agustus 2012

Beberapa kegiatan yang sering dilakukan disaat bulan puasa.

          Bulan Ramadhan atau yang sering juga disebut orang bulan puasa memeng merupakan bulan yang istimewa karene dibulan puasa ini ada beberapa kegiatan yang hanya dilakukan saat bulan itu saja dintaranya adalah sebagai berikut :
           1.    Ngabuburit.
      "ngabuburuit" apa artinya dan darimana kata itu berasal pun belum ada penjelasan yang pasti akan tetapi ngabuurit bisa diartikan jalan-jalan sore sambil menunggu waktu bedug maghrib. Kegiatan ini sering kali dilakukan oleh orang-orang pada saat bulan puasa bertujuan mengisi waktu senggang untuk menunggu waktu untuk berbuka.
           2.  JJS (Jalan jalan Subuh)
       kegiatan ini dulu sering sekali dilakuan pada saat bulan puasa apa alasannya...? pada intinya sama dengan ngabuburit akan tetapi ini dilakuakan pada saat pagi hari setelah shalat subuh.akan tetapi sekarang kegiatan ini sudah jarang dilakuakan apa sebabnya itu tidak begitu jelas tapi dari beberapa orang yang coba saya tanya jawabannya sama "mendingan tidur.........."

kegitan kegiatan tadi sebenarnaya dapat dilakukan kapan saja dan tidak harus di bulan puasa akan tetapi kegitan tersebuh sangan erat dengan bualan puasa makanaya bagi beberapa orang kegiatan tadi wajib dilakukan pada saat bulan puasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar